Saturday, February 11, 2017

WTC eMall Surabaya: Konsep Baru, Makin Seru


Tampilan baru yang makin seru! WTC eMall tempat nongkrong asyik buat komunitas.

***


Hari ini, Sabtu (11/2), aku kembali menyambangi salah satu tempat yang sebenarnya baru tiga bulan aku datangi. Ialah WTC (World Trade Center) Surabaya, tempat yang aku maksud tersebut. Ternyata pusat perbelanjaan elektronik dengan barang dagangan utama gadget dan aksesorisnya ini sudah bersolek cantik. Sungguh drastis perubahan yang aku lihat.


Nama WTC eMall pun digadang-gadang menjadi bukti bahwa WTC Surabaya siap tampil beda. Embel-embel 'eMall' ini dimaksudkan sebagai penguat brand identity dari WTC Surabaya yang menjadi pusat perbelanjaan elektronik atau electronic mall khususnya untuk produk gadget di Surabaya, bahkan nasional. Gedung baru yang berlantai enam ini tampak indah bagiku. Gaya arsitekturnya modern, tak kalah dengan pusat perbelanjaan yang ada di luar negeri. Dengan tampilan luar cenderung menampilkan kombinasi antara kaca dan baja yang apik.


Megah: Tampak luar WTC eMall Surabaya.

Untuk menuju gedung baru ini tidaklah membingungkan. Kita harus naik ke lantai 3 untuk mendapatkan atmosfer yang berbeda dari gedung lama WTC Surabaya. Ada pilihan untuk sampai ke atas, naik lift atau ekskalator. Oh ya, disini sudah dilengkapi dengan ekskalator yang langsung mengantarkan kita langsung ke lantai 3 dari lantai 1. Ekskalator ini dapat kita jumpai di pintu masuk WTC eMall Surabaya dari arah luar. Ini pertama kalinya aku menaiki ekskalator yang mengoneksikan tiga lantai sekaligus.


Sampai di lantai 3, kita langsung disambut atrium yang luas. Di sekelilingnya terdapat aneka toko gadget. Berbeda dengan gedung lama, disini sangat terlihat suasana yang berbeda. Sungguh lega mata memandang. Toko-toko tersebut ditata rapi sedemikian rupa. Ketika berada di tengah-tengah atrium kita dapat langsung menatap ke atas hingga lantai keenam melihat seisi gedung. Maklum ditengahnya terdapat bukaan yang lebar. Spot ini menurutku sangatlah sayang dilewatkan untuk berfoto-foto.


Demi menunjang proses transaksi di WTC eMall Surabaya, terdapat layanan perbankan. Dimana akan ada tiga bank kenamaan yang akan membuka kantor kas di gedung ini. Mereka diantaranya akan buka sampai akhir pekan.


Keren!: Tampak dalam WTC eMall Surabaya.



Pusat Gadget: Deretan tenant yang menjajakan gadget.

Buka Akhir Pekan: WTC eMall Surabaya dilengkapi fasilitas perbankan.

Ternama: Tampak WTC eMall dipenuhi brand-brand kenamaan.

Berhubung sedang tidak ingin berburu gadget. Aku langsung beranjak menuju lantai 6. Ini menjadi tujuan utamaku sebenarnya kemari. Di lantai ini terdapat food court yang menarik perhatianku. Rasa penasaranku pun telah mencuat saat iseng menemukan postingan di Instagram tentang tempat ini.


Area ini dinamakan 'Food Galeria'. Banyaknya bukaan dari kaca yang terpasang penjuru bangunan membuat tempat ini terang benderang. Hemat lampu juga saat siang, pikirku. Langit-langit yang dibuat tinggi menjadikan kesan lapang tempat ini. Warna cokelat muda tampak dominan disini. Meja dan kursi cantik bak café kekinian ditata rapi sedemikian rupa, terlihat gaya industrialis minimalis di furniturnya. Ada yang dapat diisi dua orang, empat orang sampai lebih.


Aku langsung memutari setiap jengkal area ini. Terbagi dalam dua ruangan, satu area berpendingin-ruangan bebas asap di dalam dan satu lagi untuk mereka yang perokok di luar. Di area dalam tampak gerai-gerai makanan yang membuat perut kita lapar seketika.


Food Galeria: Area food court di WTC eMall Surabaya.


Ramai: Food Galeria selalu ramai dipadati para pengunjung.


Aneka Menu: Banyak menu yang dapat kita pilih disini.

Tak hanya diisi gerai makanan cepat saji. Kurang lebih ada sembilan gerai makanan yang menawarkan kudapan khas Indonesia. Ada Pempek Farina, Bakso Pak Djo, Nasi Goreng 69, Nasi Padang Palapa, Rujak SK Bu Herman, Nasi Uduk Mayjen Sungkono, Gloria Noodle, Nasi Campur dan Nasi Pecel Pojok Tambak Bayan. Untuk gerai makanan cepat saji sendiri ada KFC, Wok Xpress dan NFC. Wah, banyak banget nih pilihannya!


Sedangkan untuk minuman setiap gerai memiliki dua minuman andalannya. Kalau masih belum puas, kalian bisa memesan minum di Coffee Workee dengan olahan minuman teh dan kopi. Tampilannya dibuat seperti bar dengan kursi tingginya.


Lantas, aku memesan Nasi Padang dengan lauk Cumi. Harganya terbilang murah, hanya Rp 20 ribu sepiring. Sebagai pelengkap aku pesan satu gelas Es Teller dengan harga Rp 15 ribu. Harga makanan dan minuman disini cukup terjangkau ternyata.


Sistem pemesanan disini cukup unik. Mengadaptasi konsep 'self-service' yang telah lama ada di negara maju, dimana pengunjung harus melayani diri mereka sendiri. Ketika memesan, pengunjung langsung membayar pesanannya langsung. Selama pesanan dibuat, kita dapat memilih tempat duduk mana yang akan kita tempati.


Lunch with View: Sensasi makan siang dengan menikmati pemandangan kota.


Outdoor: Area luar Food Galeria yang diperuntukkan menjadi smoking area.



Kala itu aku lebih memilih area luar. Aku ingin menikmati sensasi 'lunch with view'. Dari balkon lantai enam kita dapat menikmati pemandangan gedung-gedung yang berdekatan dengan WTC eMall ini. Sensasi makan seperti jarang kita temui di tempat lainnya.

Selanjutnya pesanan kita akan diantar oleh petugas. Ada kode tersendiri bagi para petugas untuk mengambil makanan di tempat yang kita pesan. Lampu merah yang berada di meja kasir akan berubah menjadi hijau, tanda pesananan kita siap diantar. Untuk sistem 'self-service'-nya sendiri dapat kita lihat di pemberitahuan yang tertera di meja tempat kita makan.


Self-Service: Sistem pelayanan food court yang baru di Surabaya.


Peduli: Tampak pengunjung yang mengembalikan peralatan makannya.

"Mohon bersihkan meja setelah Anda selesai makan dan letakkan di Tray Station", begitu bunyinya.

Jadi, ketika selesai makan kita dituntun untuk mengembalikan peralatan makan kita ke Tray Station yang berada di beberapa titik food court. Mungkin sama halnya dengan petunjuk untuk membuang sampah pada tempatnya. Kita dituntut bertanggung jawab akan yang apa telah kita perbuat. Nantinya setelah Tray Station penuh, petugas akan membawanya ke tempat pencucian piring dan menggantikan dengan Tray Station.


Bagaimana dengan pengunjung yang tidak mau meletakkan peralatan makan mereka ke Tray Station? Apakah meja yang ditinggalkan tersebut tidak dibersihkan? Tentunya tidak. Akan ada petugas yang tetap melakukan clean up di setiap meja. Metode yang terbilang baru di Surabaya ini pun mendapat sambutan baik oleh para pengunjung.


Diakui oleh Bapak Haris selaku Koordinator Food Galeria. Beliau mengatakan bahwa dari 20% pengunjung yang mau membersihkan meja mereka meningkat ke angka 50%. Ditambahkan oleh beliau, bahwa dengan metode ini pihak WTC eMall ingin menunjukkan bahwa Indonesia, khususnya Surabaya, tidak kalah dengan mereka yang berada di luar negeri.


Selain menjadi tempat makan, Food Galeria sengaja dikemas menjadi tempat nongkrong asyik buat komunitas. Hal ini dapat kita lihat dengan ketersediaan area Community Corner yang berada di sebelah kanan kita, saat awal sampai di lantai 6. Di area ini terdapat mini stage yang dapat dimanfaatkan oleh komunitas untuk unjuk gigi. Mini stage ini akan diisi meja dan kursi saat tidak ada kegiatan komunitas.


Sejauh pantauan, sudah ada beberapa komunitas yang memanfaatkan area ini. Salah satunya, komunitas Zumba yang ada di Surabaya. Selain menjadi tempat kumpul komunitas, area ini juga dapat diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengadakan acara disini. Misalnya, seminar, talkshow maupun perayaan ulang tahun. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mendatangi kantor manajemen Food Galeria.


Community Corner: Area yang dapat dimanfaatkan bagi komunitas.

Mini Stage Serbaguna: Panggung di area community corner yang multifungsi.

Menurutku baru kali ini aku melihat suatu food court di mall yang mengusung konsep seperti ini. Tak seperti kebanyakan food court yang terkesan sesak dengan pengunjung berjubel. Disini tampak lapang dan lega. Membuat kita betah berlama-lama disini. Selain menjadi tempat makan, tempat ini cocok banget untuk nongkrong, berdiskusi atau menyambi bekerja disini.


Tiba-tiba saat asyik duduk di area Community Area aku jadi memiliki ide untuk melakukan acara gathering disini atau kopi darat gitu. Mengingat ada satu perkumpulan yang aku kepalai, yakni kumpulan alumni program Prestasi Junior Indonesia. Atau juga bisa aku rekomendasikan untuk adek kelas di sekolah, kalau membuat acara seminar atau talkshow disini aja deh!


Konsep baru di WTC eMall Surabaya ini sangatlah menarik. Terlebih lagi sangat terbuka bagi para komunitas yang ingin mengadakan acara disini. Benar-benar sangat mengakomodir segala kebutuhan komunitas yang ingin berkumpul-kumpul manja atau membuat acara komunitas. Hal ini tentunya dapat menunjang kemajuan komunitas yang ada di Surabaya.


Meski masih dalam fase Soft Opening, area baru WTC eMall ini tampak selalu ramai dipadati pengunjung. Terlebih kondisi di Food Galeria. Pengunjung silih berganti mengisi kursi-kursi yang disediakan. Promo-promo menarik pun digencarkan untuk menarik simpati pengunjung. Seperti undian berhadiah atau setiap pembelian nominal tertentu kita akan mendapatkan voucher makan. Di lantai 4 terdapat area Carnival Games dan Photo Booth yang dapat kita nikmati hanya dengan belanja dengan nilai nominal yang telah ditentukan. Promo 'Road to Grand Opening' ini berbatas waktu.


Road to Grand Opening: Promo menarik menjelang Grand Opening.



Photo Booth: Area foto berkonsep ilusi mata yang seru.

Grand Opening-nya sendiri baru dilakukan hari Minggu (18/2), satu minggu dari sekarang. Ada dua nama artis yang tak asing di telinga kita. Penyanyi solo pria Petra Sihombing dan komika Ernest Prakasa akan menghibur kita saat Grand Opening. Lainnya masih ada perfomance yang tak kalah menarik. Contohnya atraksi sulap dan hiburan dance. So, jangan sampai ketinggalan datang saat Grand Opening ya!


Sebagai pelengkap, disediakan pula fasilitas-fasilitas penunjang kenyamanan kita ketika berada di Food Galeria. Seperti kehadiran wifi, baby chairs, area wastafel, toilet laki-laki dan perempuan, serta mushollah yang nyaman. Semuanya disediakan bagi para pengunjung agar betah berlama-lama disini. Mungkin yang kurang area playground untuk anak kecil.


Pendukung: Kehadiran baby chairs dan wastafel di Food Galeria, WTC eMall Surabaya.

Bersih: Toilet laki-laki dan perempuan yang bersih, disampingnya ada area wudhu.

Tempat Ibadah: Mushollah yang dilengkapi tempat penitipan alas kaki dan barang bawaan.

Memadai: Gedung parkir baru yang siap menampung kendaraan.

Kunjungan pertamaku ke WTC eMall sangatlah menyenangkan dan berkesan. Pastinya aku akan kembali kesini. Entah untuk berburu gadget atau hanya nongkrong seru di Food Galeria. Apalagi katanya ketika menjelang matahari terbenam pemandangan di luar dari balkon tampak cantik bermandikan cahaya oranye kekuningan-kuningan. Terlebih saat malam, suasana kian syahdu ditemani pemandangan lampu-lampu temaram dari gedung-gedung yang berdekatan dengan tempat ini.


Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas lagi, kalian dapat menyaksikkan video yang telah aku buat secara pribadi. Menampilkan suasana di WTC eMall tempat nongkrong asyik buat komunitas.




KESIMPULAN

Ada beberapa poin yang dapat aku simpulkan dari seharian di WTC eMall Surabaya, khususnya Food Galeria:


1. Lokasi Strategis -- Berada di pusat kota membuat tempat ini mudah dijangkau siapa saja. Masih bingung? Search aja di Google Maps. Hehe!


2. Tempat Parkir yang Memadai -- Kehadiran WTC eMall Surabaya didukung dengan gedung parkir mobil bertingkat baru yang mampu menampung banyak kendaraan. Ada juga fasilitas vallet.

3. Tempatnya Keren! -- Ya, aku akui konsep baru WTC Surabaya sangatlah keren dan benar-benar tampil beda dan makin seru.


4. Kenyamanan Terjamin -- Selain keren, kenyamanan pengunjung benar-benar diperhitungkan matang-matang oleh pihak manajemen agar mereka betah berlama-lama disini.


5. Lingkungan yang Bersih -- Sejauh mata memandang semuanya serba bersih dan terlihat petugas kebersihan yang sigap membersihkan selalu.


6. Fasilitas Lengkap -- Banyak fasilitas penunjang yang telah dipersiapkan. Mulai dari kehadiran Food Galeria dengan Community Corner-nya, toilet yang bersih, tempat ibadah dan masih banyak lagi lainnya.


7. Menikmati Cityscape -- Di balkon lantai 6 kita dapat memandang suasana kota Surabaya. Terlebih saat malam, lebih indah!


Mungkin cukup sampai disini penjelasan yang aku berikan dari pengalamanku berkunjung ke WTC eMall. Menikmati Food Galeria, food court yang berkonsep beda dari yang lainnya. Seru banget! Jadi, kapan kalian nongkrong bareng komunitas kalian disini?



WTC eMall Surabaya
Address: Jl. Pemuda no. 27-31
Surabaya, Jawa Timur
Telephone: 031 5319310-12
Opening Hourse: 10 AM - 9 PM
Instagram: wtc_emall
Fanpage: WTC e-mall
Twitter: @wtcsurabaya
Website: www.wtcmallsby.com

LOCATION MAP



***
Tulisan ini diikutsertakan dalam BLOG COMPETITION WTC eMall Surabaya