Wednesday, September 28, 2016

Explore Surabaya: Surabaya North Quay


Bagaimana jadinya jika akhir pekan kalian dihabiskan dengan berlibur di dermaga? Iya, dermaga. Mungkin terdengar aneh, liburan kok di dermaga, kan! Tetapi tidak untuk yang satu ini: Surabaya North Quay.



***

Tak seperti biasanya, akhir pekan yang hanya bermalas-malasan di rumah. Akhir pekan ini aku bermaksud untuk menghabiskan waktu di tepi lautan Surabaya.


Kupacu sepeda motor dari rumah. Tak sampai 20 menit aku sampai di Pelabuhan Tanjung Perak. Setelah memarkirkan motor, aku berjalan menuju gedung megah dengan warna dominan biru yang bertuliskan "Gapura Surya Nusantara" di atasnya. Tempat ini menjadi terminal penumpang bagi mereka yang berpergian via laut, dari dan ke Surabaya.


Tempat yang aku tuju berada di lantai atas terminal penumpang tadi. Pintu masuknya sengaja terpisah dengan penumpang kapal. Dua kali menaiki ekskalator, akhirnya aku sampai di Surabaya North Quay.









Area photo booth yang dilengkapi pasir pantai pantang untuk dilewatkan. Pengunjung menyempatkan untuk mengabadikan momen di photo booth, bergaya seolah-olah berada di pantai sesungguhnya. Langkah kakiku kemudian ku arahkan menuju area luar. Banyak sekali pengunjung saat itu, tua-muda ada. Ini area favorit semua pengunjung yang datang disini.


Beragam aktivitas dapat kita lakukan di Surabaya North Quay. Bersantai di tepian sambil menikmati pemandangan Selat Madura, berduduk-duduk manja di kursi gemas atau mendengarkan lantunan lagu dari penampilan musik akustik. Paling banyak apalagi kalau tidak berfoto-foto ria. Cakep sedikit... jepret.


Tampak dari kejauhan Pulau Madura yang terkenal dengan Karapan Sapi dan Bebek Sinjay-nya. Jembatan Suramadu dan Patung Jalasveva Jayamahe dapat kita lihat meski samar-samar. Berbagai ukuran kapal, kecil-sedang-besar, dapat kita jumpai pula. Bila beruntung, kapal pesiar berkelas Internasional akan berlabuh disin. Sebuah pemandangan lain yang kita temukan dari Surabaya.








Semakin sore, semakin ramai pula pengunjung yang datang. Momen matahari terbenam menjadi momen paling ditunggu di Surabaya North Quay. Boom! Sangat-sangat indah. Kapan lagi bisa melihat sunset di Surabaya sebagus ini. Asalkan cuaca mendukung juga sih, hehe!


Lapar melanda tak membuat putus asa. Disini ada area foodcourt dengan deretan penjual kudapan yang lezat dan nikmat. Oh ya, di dekat foodcourt ini terlihat area yang menampilkan kekayaan budaya yang ada di Jawa Timur.


Yang aku suka dari Surabaya North Quay adalah ketersediaan spot air minum gratis. Diminum langsung dari kran, seperti yang banyak ditemui di luar negeri. Serta, toilet yang bersih.









Hari semakin gelap, akhirnya aku putuskan untuk kembali pulang ke rumah. Sungguh pengalaman yang berbeda, liburan di dermaga.