Friday, June 24, 2016

A Quick Trip to Semarang

Bulan Mei kemarin aku berkesempatan untuk menjejakkan kaki ke Semarang. Ini pertama kalinya aku berkunjung ke kota yang terkenal akan Lunpia dan Lawang Sewu-nya. Dengan kereta api mengantarkanku menuju Stasiun Tawang, Semarang. Dari sinilah perjalanan singkatku ini dimulai...

Berkat ajakan dari tim Prestasi Junior Indonesia (PJI), maksud kepergianku ke Semarang ini untuk menghadiri acara kompetisi final perusahaan siswa —Regional Student Company Competition 2016. Disana aku diberikan sesi untuk mempromosikan JA Alumni Indonesia, perkumpulan alumni program PJI.

Jadi, PJI itu organisasi non profit yang bergerak dalam bidang pembelajaran keuangan dan kewirausahaan. PJI sendiri merupakan bagian Junior Achievement (JA) Worldwide yang telah tersebar di 123 negara seluruh dunia —berpusat di Colorado, AS.

Salah satu programnya adalah Student Company atau perusahaan. Program yang ditujukan bagi pelajar Sekolah Menengah Atas sederajat tersebut mengajarkan bagaimana cara membentuk dan mengelola perusahaan. Bedanya ini perusahaan yang dikelola oleh siswa langsung, mulai dari pembentukan business plan hingga likuidasi perusahaan.

Balik ke cerita Semarang. Sesudah turun dari stasiun, mobil yang menjemputku saat itu langsung membawaku menuju venue acara berlangsung. Restoran Keluarga Kebon Rejo menjadi tempat acara. Suasana Bali sangat kental di restoran ini, dilihat dari eksterior dan interior bangunan. Berpadu dengan sentuhan ala British sedikit. Hari pertama dihabiskan dengan melakukan set up lokasi acara.

Selama disana aku menginap di Grand Edge Hotel, Semarang. Keberadaan Skypool, kolam renang di rooftop hotel membuat istimewa. Sayangnya saat menginap disana aku tidak sempat berenang. Tapi tidak apalah, pemandangan dari kamar sudah teramat indah. Keistimewaan lainnya, di lantai bawah hotel terdapat area Food Arcade yang menjajakan aneka ragam tempat makan.

Keesokan hari acara yang dinanti dimulai. Empat sekolah yang telah menjalankan perusahaan mereka selama beberapa bulan sebelumnya akan beradu untuk merebut golden ticket menuju kompetisi nasional. Aku seolah kembali ke masa-masa dulu aku berkompetisi. Ah, jadi kangen teman-teman satu perusahaanku dulu.

Di acara tersebut, setelah break makan siang dilanjutkan dengan sesi perkenalan JA Alumni Indonesia. Kebetulan aku ditunjuk sebagai President Director untuk wilayah Timur —East Region. JA Alumni Indonesia sendiri ialah perkumpulan dari mereka yang telah menjadi alumni program PJI.

Senang dapat bertemu dengan teman-teman JA Alumni di Semarang. Kami sempat melakukan diskusi singkat membahas program kerja apa yang akan dilaksanakan. Awalnya suasanan terasa anggung tetapi lama-lama dapat mencair guna. Miss you all!

Tempat tisu motif batik, salah satu produk dari perusahaan siswa di Semarang.

Selamat untuk SMA Negeri 3 Semarang yang kedua kalinya meraih gelar The Best Student Company untuk Regional Semarang. Aku sempat dibuat terharu saat mereka berbondong-bondong naik ke atas panggung untuk menyanyikan mars sekolah kebanggaan mereka. Serius aku berlinang air mata saat itu. Hehe!

Sebelum kembali ke Surabaya, aku makan malam di 'Pesta Keboen' bersama tim PJI. Suasana tempoe doeloe sangat kentara di restoran ini. Tampilan fisik bangunan hingga pramusaji dikemas bak jaman Belanda. Terlebih menu yang disajikan sangat mengunggah selera.

Ah, terasa cepat sekali waktu aku di Semarang. Mencicipi lunpia langsung pun tak sempat. Mungkin di lain waktu dapat kembali bertandang ke Semarang. Aku ingin sekali mengeksplor setiap sudut kota yang menurutku masih vintage banget suasananya. Aku juga belum sempat bertemu rekan-rekan blogger disana.

Semarang, tunggu aku kembali!